Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Kuliner Malam Jogja Yang Wajib Dikunjungi: Wisata Kuliner Terhits Jogja

     

Kuliner Jogja malam
Gambar: hyarta.com

    Yogyakarta, atau lebih akrab disebut Jogja, adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan budaya, sejarah, dan tentu saja, kuliner. Di malam hari, ketika suasana mulai redup, kehidupan kuliner Jogja bergulir dengan penuh semangat. Artikel ini akan membahas beragam pilihan kuliner malam yang menggugah selera di Jogja, serta mengajak para pembaca untuk menjelajahi kelezatan masakan kota ini. Mari kita bahas!

1.   Gudeg Bromo Bu Tekluk

kuliner malam jogja
Gambar: Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk menjadi pilihan kuliner yang tidak boleh terlewatkan dalam daftar destinasi kulinermu. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu harus bersedia untuk mengantri karena biasanya selalu ramai. Bahkan sebelum buka, antrean sudah banyak terlihat. Di Gudeg Bromo Bu Tekluk, kamu akan menikmati gudeg basah dengan cita rasa gurih yang mendominasi. Kuah areh dan sambal kreceknya juga sangat lezat dan cocok dinikmati saat malam hari.

Lokasi: Jalan Affandi Nomor 2A, Santren, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam buka: setiap hari pukul 23.00-05.00 WIB.

2.   Sate Klatak Pak Bari

Kuliner Malam Jogja
Gambar: kompas.com

Sate klathak menjadi hidangan malam yang tak terpisahkan dari kuliner khas Jogja. Sate ini unik karena ditusuk dengan jeruji sepeda dan menggunakan potongan daging yang besar, menjadi hidangan khas daerah Jogja Selatan, terutama Bantul.

Hidangan sate dengan potongan daging jumbo ini sebenarnya telah dikenal sejak lama. Namun, popularitasnya semakin meningkat setelah menjadi setting dalam film "Ada Apa Dengan Cinta 2". Sate Pak Bari menjadi paling terkenal karena tampil dalam film tersebut. Anda dapat menikmati sate klathak ini dengan harga mulai dari Rp50 ribu per orang untuk makanan dan minuman.

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta

Jam buka: Setiap hari, Pukul 17.30-23.30 WIB.

3.   Oseng Mercon Bu Narti

Kuliner Malam Jogja
Gambar: angkutkoper.com

Sejak tahun 1997, Oseng Mercon Bu Narti telah beroperasi sebagai warung yang menjadi primadona bagi wisatawan dan warga lokal yang doyan makanan pedas saat malam tiba. Di sini, tersedia menu oseng mercon tetelan sapi yang memiliki aroma berasap yang khas serta dagingnya yang empuk. Untuk menikmati satu porsi oseng mercon beserta nasi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih lauk tambahan seperti ayam goreng dan ati ampela dengan harga mulai dari Rp8.000 saja.

Lokasi: Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta

Jam buka: setiap hari pukul 16.00-23.00 WIB.

4.   Gudeg Permata

Kuliner Malam Jogja
Gambar: Kompas.com

Gudeg Permata adalah salah satu gudeg legendaris di Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 1961. Di warung gudeg ini, Anda dapat menikmati gudeg basah dengan kuah areh yang lezat dan sambal goreng krecek yang sedikit pedas. Selama bertahun-tahun, warung gudeg ini selalu ramai pembeli, terutama pada akhir pekan.

Lokasi: Jalan Gajah Mada Nomor 2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Jam buka: setiap Senin-Sabtu pukul 20.00-01.00 WIB.

5.   Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kuliner Malam Jogja
Gambar: idntimes.com

Angkringan Lik Man di Jogja merupakan salah satu legenda kuliner malam yang telah berdiri sejak tahun 1960-an. Sudah lebih dari 60 tahun usia angkringan ini, dan telah melayani beberapa generasi warga Jogja. Keunikan angkringan ini tidak hanya terletak pada usianya yang sangat panjang, tetapi juga pada kreasi hidangannya. Salah satu kreasi terkenal dari angkringan ini adalah Kopi Jos. Apa itu Kopi Jos? Kopi Jos adalah kopi yang menjadi viral karena sebelum disajikan, cangkirnya dimasukkan dengan bara api, menciptakan sensasi yang sangat unik dan berbeda. Untuk harganya mulai dari 20-30 ribu buat makanan dan minumannya.

Lokasi: Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta

Jam buka: Sabtu-Minggu, 17.00-01.00 WIB

6.   Nasi Rames Demangan

Kuliner Malam Jogja
Gambar: jogjasuper.co.id

Makanan rumahan bisa menjadi pilihan yang menggugah selera. Jika Anda mencari tempat untuk menikmati kuliner malam di Jogja dengan menu rumahan, cobalah mengunjungi Nasi Ramesan Demangan.

Warung ini menawarkan beragam menu yang sangat beraneka. Mulai dari sayur labu, sayur lodeh, sayur nangka, hingga gudeg telur dadar, telur ceplok, balado telur, dan telur asin. Selain itu, ada juga ayam goreng, balado ayam, ikan mujair, ikan lele, ikan pindang, dan berbagai hidangan lainnya. Pilihan menunya sangat berlimpah. Harganya pun terbilang murah, mulai dari 10 ribuan.

Yang menarik, meskipun masakan Jogja umumnya terkenal dengan cita rasa gurih manis, di Nasi Rames Demangan Anda bisa menemukan beragam rasa pedas yang menggoda lidah. Jadi, jika Anda pencinta makanan pedas dan merasa lapar di malam hari, tak perlu ragu untuk singgah ke Pasar Demangan. Warung ini berlokasi persis di seberang Pasar Demangan.

Lokasi: Jalan Affandi No.5B, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam buka: Setiap hari, 21.00-04.00

7.   Bakmi Kadin Bintaran

Kuliner Malam Jogja
Gambar: jejakpiknik.com

Selain gudeg, ada satu menu yang wajib dicoba saat berada di Jogja, yaitu bakmi godog. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati bakmi godog legendaris yang mudah dijangkau dari pusat kota adalah Bakmi Kading Bintaran.

Terletak di daerah Bintaran, Pakualaman, dekat dengan Gudeg Permata, di sini Anda bisa menikmati dua kuliner legendaris sekaligus hanya dengan satu perjalanan. Dari pusat kota di Malioboro, Anda dapat mencapai lokasi Bakmi Kadin dalam waktu 10 menit saja. Tempatnya benar-benar berada di jantung kota, cocok untuk menikmati kuliner malam hari di Jogja. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp30.000 per orang untuk makanan dan minuman.

Lokasi: Jalan Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta

Jam buka: Setiap hari, Pukul 10.30-23.30 WIB

8.   Bakmi Jawa Pak Geno

Kuliner Jogja Malam
Gambar: gotravelly.com

    Apakah Anda sedang mencari makanan berkuah yang enak? Jika iya, Warung Bakmi Jawa Pak Geno adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Lokasinya berada di depan Hotel Nadia. Warung Bakmi Jawa ini telah menjadi langganan Presiden Soeharto, bahkan hingga saat ini, setiap kali ada acara kenegaraan, Bakmi Jawa Pak Geno dipercaya untuk menyajikan hidangan. Jika Anda ingin mencobanya, cukup siapkan sekitar Rp20.000. Namun, perlu diingat bahwa Anda mungkin harus antre sebentar sebelum mendapatkan hidangan ini.

Lokasi: di sekitar Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Jam buka: setiap hari pukul 18.00-01.00 WIB.

9.   Angkringan KR

Kuliner Jogja Malam
Gambar: gudeg.net

Selain Angkringan Lim Man, ada sebuah angkringan lain yang sangat terkenal untuk kuliner malam di Jogja, yakni Angkringan KR (Kedaulatan Rakjat). Angkringan KR ini berlokasi tepat di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakjat, yang terletak di Jalan Mangkubumi.

Lokasi Angkringan KR sebenarnya tidak terlalu jauh dari Angkringan Lik Man. Jaraknya kurang dari 1 kilometer dan dapat dicapai dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit. Tempat duduknya disediakan dalam bentuk lesehan tikar dengan kapasitas untuk puluhan orang. Harga mulai dari seribu rupiah.

Lokasi: Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

Jam buka: pukul 19.00-04.30 WIB

10.    Angkringan Pak Jabrik

Kuliner Jogja Malam
Gambar: Detik.com

Apabila Anda berada di sekitar Tugu Jogja, jangan ragu untuk singgah ke Angkringan Pak Jabrik. Warung angkringan ini menawarkan beragam hidangan yang bisa menjadi pilihan Anda. Dalam hal nasi, Anda dapat memilih antara nasi teri atau nasi oseng tempe. Harga satu bungkusnya sekitar Rp4.000. Selain itu, tersedia pilihan minuman yang beragam, mulai dari kopi joss hingga badrek. Rasakan kenikmatan makanan dan minuman yang khas di tempat ini ketika Anda sedang berjalan-jalan atau nongkrong di area sekitar Tugu Jogja.

Lokasi: Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta

Jam buka: pukul 20.30-04.30 WIB

11.    Mi Ayam Grabyas

Kuliner Malam Jogja
Gambar: jogjaprov.go.id

Selain Soto Sampah, ada hidangan segar yang dapat dinikmati saat kuliner malam di Jogja, yaitu Mi Ayam Grabyas yang terletak di dekat Tugu. Uniknya, mi ayam ini disajikan dengan isian keripik kulit ayam yang memberikan sensasi kerenyahan yang sempurna dalam setiap gigitannya.

Untuk mengetahui betapa enaknya cita rasa mi ini, Anda bisa membaca testimoni dari pelanggan yang pernah makan di tempat ini. Banyak dari mereka yang sangat merekomendasikan mi ayam dan keripik kulitnya. Meskipun lokasinya sedikit lebih jauh dari Soto Sampah, tepatnya sekitar 10 menit berjalan kaki dari Tugu Jogja. Harganya mulai dari 20 ribuan

Lokasi: Jl. Kranggan No.88, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta

Jam buka: pukul 07.00-21.00 WIB

12.    Oseng Bu Endang

Kuliner Jogja Malam
Gambar: makanjogja.com

Oseng-oseng adalah salah satu jenis makanan sederhana yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin menikmati hidangan ini saat kulineran malam di Jogja, Anda dapat mencoba sajian di Warung Oseng Bu Endang.

Warung ini menyajikan beragam oseng yang lezat, mulai dari oseng bunga pepaya, oseng jengkol, hingga oseng cumi yang dapat Anda nikmati. Tidak hanya itu, Warung Oseng Bu Endang juga menawarkan berbagai pilihan lauk untuk menemani hidangan utama Anda. Lokasinya sangat mudah ditemukan, tidak jauh dari Ambarukmo Plaza. Harganya mulai dari 10 ribuan saja.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.264, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta

Jam buka: Setiap hari, Pukul 19.00-04.00 WIB

13.    Soto Sampah

Kuliner Malam Jogja
Gambar: puteramentari.com

Jika kamu tengah pengen hidangan berkuah pada malam hari, Soto Sampah adalah tempat yang tepat untukmu. Warung soto ini buka mulai pukul 07.00 hingga 03.00 WIB. Di sana, tersedia nikmatnya semangkuk soto berkuah gurih dengan ayam suwir, irisan kol, tauge, dan soun sebagai isian. Hanya dengan Rp10.000, kau sudah dapat menikmati satu mangkuk soto lezat tersebut.

Selain itu, ada juga gorengan dan aneka sate sebagai pelengkap hidanganmu. Dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp2.000, kau bisa menambahkan variasi makanan yang menggugah selera.

Lokasi: Jalan Kranggan Nomor 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Jam buka: pukul 07.00-03.00 WIB

14.    Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo

Kuliner Malam Jogja
Gambar: travelingyuk.com

Nasi Campur Teri Gejayan menjadi primadona bagi para pecinta kuliner malam. Di tempat ini, Anda dapat menikmati nasi campur yang berisi teri dan sayuran segar. Menariknya, Anda bebas memilih lauk sesuai selera, karena pilihan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari gorengan hingga ayam goreng. Harga untuk satu porsi nasi campur dimulai dari Rp10.000, namun dapat bervariasi tergantung pada lauk yang Anda pilih.

Lokasi: Jalan Affandi Nomor 5, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam buka: setiap Selasa-Minggu pukul 21.30-03.30 WIB.

15.    Lesehan SBTB Terang Bulan Malioboro

Kuliner Jogja Malam
Gambar: Lesehan SBTB Terang Bulan Malioboro

Di Malioboro terdapat sebuah warung lesehan yang patut dijajal. Warung tersebut dikenal dengan nama Lesehatan SBTB Terang Bulan Malioboro. Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai macam hidangan menarik, termasuk burung puyuh goreng, bebek goreng, dan nasi gudeg. Anda tak perlu khawatir tentang harga, karena warung lesehan ini menyajikan buku menu dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan kisaran harga mulai dari Rp7.000 hingga Rp 38.000, Anda bisa menikmati hidangan dengan tenang dan tanpa perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

Lokasi: Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Jam buka: setiap 21.00-02.00 WIB.

Posting Komentar untuk "15 Kuliner Malam Jogja Yang Wajib Dikunjungi: Wisata Kuliner Terhits Jogja"